BALTURE #1


Balture adalah salah satu program kerja BEMJ Bahasa dan Sastra Inggris 2012/2013. Program ini bertujuan sebagai wadah diskusi untuk mahasiswa jurusan, yang dilaksanakan 2 minggu sekali dengan konten dapat berupa diskusi film, diskusi umum, diskusi mata kuliah, dan pelatihan serta pembinaan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa Jurusan).

Balture kali ini berupa diskusi 2 film pendek karya Gading Marthen dan Ringgo Agus Rahman. Bertempat di gedung O ruang 118 pada hari Kamis (28/02) dan dimulai dari pukul 16.00 hinggal pukul 18.00 acara ini menghadirkan suasana hangat tanpa canggung antara peserta dengan pembicara, Nalendra Yusa Faidil, atau yang lebih akrab dipanggil Bang Yusa.

Dihadiri oleh kurang lebih 40 peserta dari beberapa angkatan di English Department, diskusi film ini dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana, Dony Prasetyo, dan dilanjutkan dengan pemutaran film pertama berjudul Dulu Banci yang disutradarai oleh Gading Marthen. Disini, para perserta bebas bertanya, berpendapat, dan berkomentar mengenai film pendek yang diputarkan. Berlanjut ke film kedua yang berjudul Mengejar Untung dengan sutradara Ringgo Agus Rahman, peserta Balture makin banyak berdatangan. Bang Yusa, sebagai pembicara, mengulas beberapa hal dari film diputar mulai dari aktor dan aktris yang memerankan, nilai moral yang terkandung, hingga teknik pengambilan gambar yang dipakai dalam film tersebut.

Berikut adalah film pendek yang didiskusikan saat Balture:

1. Dulu Banci a film by Gading Marthen

Dulu Banci bercerita tentang seorang laki-laki yang menjadi banci lantaran sakit hati ditinggal nikah oleh pacarnya, bekerja di malam hari secara berkelompok dengan cara menggoda para pengguna jalan saat lampu merah demi mendapat uang. Si banci dan mantan pacarnya akhirnya dipertemukan lagi ketika ia dirazia dan diperiksa oleh ketua Satpol PP yang ternyata mantan pacarnya itu. Pemeran dalam film ini adalah Ferry Maryadi (sebagai Umar) dan Poppy Sovia (sebagai Pipin).


2. Mengejar Untung a film by Ringgo Agus Rahman

Mengejar Untung adalah sebuah film pendek komedi bersifat semi-pantomime yang dibintangi Desta, mengisahkan seorang ayah kocak yang anaknya diberi uang sebesar Rp 500 oleh seorang gadis yang dikejar-kejar pacarnya untuk diajak menikah. Ketika itu, si anak menelan uang logam yang baru diterimanya, lantas sang ayah khawatir kalau kalau sesuatu yang buruk terjadi pada si anak, maka sang ayah menyuruh si anak memakan mangga muda agar uang logam itu dapat dikeluarkan dengan buang air besar, namun yang ayah temukan adalah sebuah cincin.


Bagi kalian yang ketinggalan Balture kali ini, tenang saja! Masih akan ada Balture lainnya mendatang. So, stay tune! :D

No comments:

Post a Comment