#BROS2014 Goes to Pari Island!




BROS is back!
Bring Education Among Us kali ini berkesempatan mengunjungi Pulau Pari di Kepulauan Seribu. Dengan tema "Educational Holiday on Virgin Places", Bros 2014 dilaksanakan pada tanggal 20-22 Juni 2014. Tentu saja BROS 2014 berisi berbagai acara menarik.

Pada hari pertama, peserta berkumpul di lapangan terbuk, samping BAAK pada pukul 8.00. Perserta melakukan registrasi terlebih dahulu. Kemudian Pak Lasito selaku perwakilan dari Jurusan Bahasa & Sastra Inggris memberikan sepatah dua patah kata sebelum peserta dan panitia berangkat. Peserta dan panitia berangkat sekitar pukul 10 pagi menuju Pelabuhan Muara Angke. Perjalanan menuju pelabuhan cukup lancar. Para peserta dan panitia Shalat Jumat dan Shalat Dzuhur terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan air. Membutuhkan waktu dua jam mengunakan kapal untuk sampai di Pulau Pari. Sesampainya di dermaga, kami disambut oleh indahnya pemandangan sekitar. Untuk sampai di penginapan LIPI, peserta dan panitia harus berjalan sekitar 30 menit dari dermaga. Perjalanan yang cukup melelahkan. Sesampainya di penginapan peserta beristirahat pada pukul 16.00. Setelah Sholat Magrib dan makan malam, peserta mengikuti briefing micro teaching di aula penginapan. Sekitar pukul 21.00 peserta sudah dibebaskan untuk kembali ke kamar masing-masing.

Hari kedua! Peserta sudah dibangunkan pukul 05.00 untuk Sholat Subuh. Kemudian peserta bersiap-siap untuk micro teaching pukul 08.30. Sebelum berangkat menuju tempat micro teaching, peserta sarapan terlebih dahulu dan berkumpul di depan penginapan. Pukul 08.00, peserta sudah berangkat menuju SDN 01 Atap. Sistem micro teaching sama dengan tahun lalu. Micro teaching terbagi menjadi dua bagian, indoor dan outdoor. Nanti adik-adik bertukar antara yang di dalam dan di luar. Adik-adik berkisar kelas 3-6 sd. Berbagai materi diajarkan, seperti warna, pekerjaan, hewan, dan lain-lain. Di akhir micro teaching, adik-adik berlomba menampilkan yel-yel terbaik. Peserta kembali menuju penginapan sekitar pukul 10.30. Perserta beristirahat dahulu sebentar sebelum melanjutkan mengikuti Workshop Theatre. Workshop Theatre ini diisi oleh TED (Theatre of English Department). TED memberikan pembahasan mengenai mimik. Pembahasan yang sangat menarik dan lucu ini berlangsung hampir dua jam. Setelah itu peserta Sholat Dzhur, makan siang, dan bersiap-siap menuju Pantai Pasir Perawan. Perjalanan meuju Pantai Pasir Perawan cukup jauh, karena pantai terdapat di dekat dermaga. Di Pantai, peserta bermain bola voli, bola tangan, ada pula yang menyewa kano. Selain permainan olahraga, banyak yang hanya berfoto-foto atau sekedar bermain air. Setelah bermain-main ria, peserta kembali menuju penginapan pada pukul 17.00. Peserta membersihkan diri dan bersiap-siap untuk Chill Out Session pada malam hari.  Setelah Sholat Ashar, Sholat Magrib, dan makan malam peserta berangkat menuju Pantai Kresek untuk Chill Out Session. Chill Out Session atau Malam Akrab dimulai dengan pemberian motivasi oleh Kak Purna. Puncaknya adalah menyalakan kembang api. Kemudian para peserta termasuk senior dan alumni bakar-bakar ikan di pinggir pantai. Peserta kembali menuju penginapan setelah rangkaian Chill Out Session selesai. Kemudian peserta kembali ke penginapan untuk beristirahat setelah berbagai kegiatan menarik.

Pada hari ketiga atau terakhir dimulai seperti hari kedua. Peserta Sholat Subuh, mandi, dan sarapan. Setelah sarapan, peserta menuju Aula untuk menyaksikan presentasi dokumentasi video dari Sie HPD. Dikarenakan listrik yang tidak stabil, presentasi dihentikan. Kemudian peserta bersiap-siap pulang. Para peserta dan panitia meninggalkan penginapan pada pukul 10.00 menuju dermaga. Setelah dipastikan tidak ada yang ketinggalan, peserta dan panitia berangkat menuju Pelabuhan Muara Angke. Seperti perjalanan berangkat yang menempuh waktu dua jam, kami sampai di pelabuhan sekitar pukul 13.00. Tronton sudah menunggu dengan setia di pelabuhan. Kemudian kami pulang menuju Kampus A.

Selesailah berbagai rangkaian acara BROS 2014. Terlepas dari segala kekurangan yang terjadi selama BROS, BEM ED mengucapkan terima kasih kepada para peserta, senior, alumni dan pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan BROS 2014. Sampai jumpa di BROS selanjutnya! -xo

Dokumentasi #BROS2014 bisa dilihat di akun fb BEM ED UNJ atau dengan mengklik link ini:
https://www.facebook.com/media/set/?set=a.665566226856368.1073741869.100002089890149&type=1&l=4bb4b6ba84
dan
https://www.facebook.com/media/set/?set=a.665595740186750.1073741870.100002089890149&type=1&l=84f09060aa

No comments:

Post a Comment