PKMJ 2013

Pra-PKMJ, 26 Oktober 2013


Pra-PKMJ adalah kegiatan briefing sebelum PKMJ, yang sebelumnya diadakan PLMJ oleh anggota LPMJ Bahasa dan Sastra Inggris. Agenda Pra-PKMJ berisi sosialisasi aturan dan penugasan untuk peserta PKMJ, selain itu juga ada materi Sejarah Organisasi Mahasiswa yang dibawakan oleh Novri Helmawan. Acara dimulai sekitar pukul 12.30 dan berakhir pukul 15.30 bertempat di Aula S, UNJ.

PKMJ, 1-3 November 2013

Hari pertama,

PKMJ atau Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Jurusan pada tahun ini diadakan di Villa Pangarukan Cisarua, Bogor. Sebelumnya, seluruh peserta dikumpulkan di ruang 206, Gedung O, untuk pengkondisian, pada kesempatan kali ini Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Bapak Ifan Iskandar sendiri yang melepas peserta PKMJ. Lalu, diadakan sholat maghrib berjamaah. Setelah itu, barulah smua peserta dan panitia melakukan perjalanan menuju lokasi pelaksanaan PKMJ.

Sesampainya di tempat, peserta dikondisikan dalam aula untuk Pembukaan PKMJ. Dimulai dari tilawah dan sari tilawah, sambutan dari Ketua Pelaksana PKMJ 2013, Febry Ardiyanto, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua BEM ED, Rizki Ariestyadi. Agenda selanjutnya, peserta PKMJ menuliskan ekspetasinya setelah mengikuti PKMJ.

Pukul 24.05 WIB, peserta pun mengikuti kegiatan jurit malam. Dalam kegiatan jurit malam ini, tiap kelompok peserta bergiliran untuk mengunjungi 8 pos yang terdiri dari 2 pos biro dan 6 pos departemen sesuai dengan struktur organisasi BEMJ Bahasa dan Sastra Inggris. Melalui pos-pos ini, peserta akan dibekali informasi terkait tugas tiap-tiap biro dan departemen tersebut di BEMJ Bahasa dan Sastra Inggris. Setelah kegiatan jurit malam, peserta diperkenankan untuk beristirahat.

Hari kedua,

Kegiatan pertama yang dijalankan peserta adalah sholat malam yang diimami langsung oleh Ketua Pelaksana PKMJ, Febry Andriyanto. Setelah shalat, peserta pun membaca tilawah hingga adzan shalat shubuh berkumandang, untuk sholat shubuh, salah satu peserta ditunjuk sebagai imamnya. Setelah mengikuti serangkaian ibadah, peserta berganti pakaian dan mengikuti senam pagi dibawah intruksi Naida dan Ariz. Seusai senam pagi, peserta PKMJ sarapan roti bersama, dan dilanjutkan dengan presentasi penugasan Anjangsana Jurusan, membandingkan rogram kerja BEM ED dengan BEM Jurusan lain di Universitas Negeri Jakarta. Penugasan ini diberi tanggapan oleh Ika Juniastuti dan Suryani Achtasuri, menurut mereka, kemiripan program kerja BEM ED dengan BEM Jurusan lain dikarenakan kebutuhan mahasiswanya.

Semua kelompok peserta PKMJ selesai mempresentasikan tugas anjangsana, tibalah waktu makan pagi yang setelahnya dilanjutkan kembali dengan presentasi penugasan, kali ini pengabdian masyarakat berupa poster. Sebelum mengikuti materi sebenarnya, peserta mendapat ice breaking yang dibawakan oleh Rivaldi. Lalu, peserta pun dikondisikan lagi untuk menyimak materi mengenai Leadership and Public Speaking oleh Aditya Pradipta. Cara Kak Adit mempresentasikan materinya sangat seru dengan simulasi-simulasi yang saling berkaitan. Setelah puas dengan materi dari Kak Adit, peserta kembali mendapat ice breaking. Sesudahnya, peserta kembali menyimak materi yang kedua, kali ini mengenai Manajemen Organisasi yang dibawakan oleh Roby Tri Wahyudi. Setelah mengikuti dua meteri berturut-turut, peserta makan siang bersama menjalankan sholat dzuhur berjamaah.

Agenda peserta PKMJ di hari kedua memang padat dengan materi, ini dimaksudkan agar peserta mengenal organisasi lebih dalam sehingga dapat menguasai dan memimpin dirinya sendiri jika mereka sudah terjun langsung dalam dunia organisasi. Materi yang ketiga yang dibawakan oleh Widi Nazmudi yang berisi tentang Manajemen Kepanitiaan. Agenda dilanjutkan dengan kapita selekta, sebelumnya para peserta PKMJ menjalankan shalat ashar berjamaah dulu. Kapita selekta sendiri adalah sebuah materi penjabaran tentang BEMJ Bahasa dan Sastra Inggris: visi misi organisasi, program kerja, dan susunan kepengurusan. Kapita selekta ini dibawakan oleh Rizki Ariestyadi dan Bondan Priyambodo selaku ketua dan wakil BEMJ Bahasa dan Sastra Inggris.

Sore harinya, setelah shalat maghrib berjamaah, peserta mengikuti Bincang-Bincang Santai (BBS) yang dibawakan oleh beberapa mantan pengurus BEMJ Bahasa dan Sastra Inggris. BBS ini dimoderatori oleh Chandra mantan pengurus BEMJ Bahasa dan Sastra Inggris. Setelah acara BBS ini selesai, para peserta diberikan waktu untuk makan malam.

Kembali bersama Chandra, yang kali ini ditemani oleh Budi Maryanto sebagai moderator, peserta mendapatkan materi Manajemen Konflik. Dalam materi ini, peserta mendapatkan simulasi yang begitu nyata terkait meteri yang disampaikan, yang langsung disambung dengan makrab. Kegiatan makrab ini diisi oleh penampilan dari TED, senior dan art performance dari tiap kelompok peserta PKMJ 2013. Dan akhirnya, Galuh Nadi memberikan kesimpulan atas makrab malam ini dan peserta kembali ke kamar untuk tidur.

Hari ketiga,

Setelah sholat shubuh berjaamah, peserta mengikuti senam pagi yang dipimpin oleh Naida dan Ariz, dilanjutkan dengan sarapan pagi. Pukul 06.30 peserta memulai kegiatan outbound, cuaca panas bukanlah penghalang kekompakan setiap tim dalam outbound ini, senior juga turun tangan disini. Seru! Sesudah asik mengikuti outbound, peserta PKMJ kembali ke villa untuk bersih-bersih dan melakukan persiapan kembali ke Jakarta. Sebelum pulang, peserta PKMJ mendapat sebuah pesembahan dari sie. KDSP, setelahnya, Kak Avi, memimpin pemilihan Ketua Angkatan 2013 JBSing. Terpilihlah Jeco Laprati sebagai Ketua Angkatan 2013.

Dengan terpilihanya Ketua Angkatan 2013, selesailah rangkaian acara PKMJ 2013. Semoga kegiatan ini bisa menghasilkan pribadi yang lebih baik dari pesertanya.

PKMJ 2013. Leaders-in-action!

No comments:

Post a Comment