MPA ED 2013

"MPA ED 2013! SHOW YOUR ACTION!!!!"

Begitu jargon diserukan pada MPA ED tahun ini. Seperti biasa, MPA Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris terbagi menjadi 2 sesi, yakni briefing dan MPA itu sendiri. Nah, mari kita ulas rangkaian MPA mulai dari briefing hingga penutupan.

Briefing (16 agustus 2013)
Dimulai pukul 13.20 WIB, MPA ED resmi dibuka dengan pembacaan tilawah dari Dimas dan dilanjutkan dengan sambutan dari dua dosen pembimbing BEM, Ma'am Nina Wanda dan Ma'am Aisah. Disusul sambutan dari Ketua Panitia dan Ketua BEM ED. Setelah itu ada pengenalan Panitia MPA ED 2013 yang dipimpin oleh Luthfi sebagai ketuanya, yang dilanjutkan dengan pengenalan TIPE. Yang paling seru dari briefing adalah pemilihan Leader of The Day yang nantinya akan memimpin mahasiswa baru ED saat MPA. Ada 6 kandidat calon Leader of The Day, 3 pria dan 3 wanita. Setelah diajukan pertanyaan dan diminta memimpin jargon.

Selesai pemilihan Leader of The Day, giliran sie peserta mensosialisasikan atribut dan penugasan untuk MPA. Tak ketinggalan pula, sie KDSP yang mensosialisasikan tata tertib ketika MPA sedang berlangsung. Suasana mecekam datang ketika koordiator sie KDSP menjelaskan peraturan. Break isho, dilanjutkan dengan latihan yel-yel ED yang dipimpin oleh sie talent. Seru! Dan dengan selesainya latihan yel-yel, maka briefing MPA ED telah berakhir.

MPA ED 2013 (21 Agustus 2013)
Pukul 05.30, peserta MPA ED yang merupakan mahasiswa baru berkumpul di lapangan parkir Gedung O. Dipandu oleh kakak-kakak dari sie peserta, barisan diluruskan. MPA ED 2013 akan segera dimulai! Setelah melakukan absensi dan pembacaan tilawah, Ketua Panitia MPA ED menyampaikan sambutannya, disusul sambutan dari ketua BEM ED.


Seperti biasa, di setiap tahunnya ada battle yel-yel melawan jurusan lain. Kali ini jurusan kita melawan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sebelum battle, seluruh maba melakukan latihan yel-yel yang dipimpin oleh kakak-kakak dari sie talent. Merasa sudah siap dan bersemangat, maba ED menuju halaman Perpustakaan UNJ, disana akan dilaksanakan battle melawan JBSI. Kedua jurusan menampilkan aksi terbaiknya.Setelah battle, sebelum agenda selanjutnya dimulai, kakak-kakak dari sie peserta melakukan evaluasi atribut yang setelahnya ditangani oleh kakak-kakak dari sie KDSP. Dibuat tegang, agaenda selanjutnya adalah mentoring dari kabim masing-masing kelompok, sekaligus sholat dhuha.

Pukul 09.40 acara dilanjutkan dengan pengenalan pengurus BEM ED dan LPMJ ED UNJ. Karena menurut pepatah, tak kenal maka tak sayang. Maka dari itu, maba dikenalkan dengan mahasiwa yang siap membantu mereka kapan saja. Masih berhubungan dengan pepetah tadi, sebelum menjalani perkuliahan mereka harus mengenal dulu birokrasinya. Nah, acara selanjutnya ada pengenalan dunia kampus dan birokrasi jurusan. Pak Ifan Iskandar, selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris memulai perkenalan, dilanjutkan dengan Ibu Ati Sumiati selaku sekretaris jurusan menjelaskan tentang sistem di English Department. Usai dengan perkenalan, ada ice breaking dari kak Rifqa dan kak Birrul. Mereka bernyanyi sambil memainkan gitar. Merdu!

Acara selanjutnya tak kalah bagus, ada motivasi berprestasi dari kak Andi dan kak Amel. Mereka berdua mempunyai cerita masing-masing yang patut diceritakan kepada maba. Materi selesai, ishoma dimulai! Sebelumnya ada angket yang dibagikan oleh TIPE.

Setelah waktu ishoma habis, maba mendapatkan materi lagi. Kali ini dari pak Arief Rachman yang membawakan materi Character Building. Maba dibuat senang oleh pak Arief, pembawaan beliau sangat asyik. Break sholat ashar sebentar, acara dilanjutkan dengan penampilan dari Theater of English Department atau yang akrab disebut TED. Mereka menampilkan lakon yang super keren berjudul "Merdeka!!" dengan latar cerita saat kemerdekaan Indonesia dilaksanakan.

Setelah penampilan TED selesai, ada pengumuman peserta, essay, dan kelompok terbaik! Selamat kepada para pemenang! Dengan dibacakannya pengumuman tersebut, selesai sudah MPA ED 2013. Terima kasih seluruh maba yang hadir dalam MPA ED 2013 ini. Kalian semua gokil!!! Mari berjuang di kampus perjuangan ini bersama :D

No comments:

Post a Comment