MTC #1

Management Training for Committee 2013 yang pertama diadakan di Museum Keprajuritan, TMII, pada hari Sabtu, 9 Maret 2013 lalu. Apa itu Management Training for Committee atau yang akrab disebut MTC? MTC adalah sebuah program dengan maksud untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan menjaga pengkaderan pengurus BEMJ Bahasa dan Sastra Inggris yang dilaksanakan tiga kali dalam satu periode kepengurusan dengan konten berupa training, mentoring, sharing, dan games. 


MTC kali ini diikuti oleh seluruh Pengurus BEMJ dan anggota LPMJ serta beberapa senior sebagai pengisi materinya. Dimulai pukul 9.00 acara yang diadakan oleh Departemen Kaderisasi ini sempat diguyur hujan, dan memaksa peralihan tempat menjadi didalam museum. Setelah pembukaan dan kata sambutan dari ketua pelaksana dan ketua BEM ED, acara ini dilanjutkan dengan mentoring yang diisi oleh Pak Henri Basel dengan materi Manajemen Organisaisi, setelah itu ada ice breaking dari Luthfi dengan permainan bernama Aku Tahu, Kamu Tahu dan dilanjutkan sharing dari Kak Chandra Dwi Irawan dengan materi Manajemen Kepanitiaan. Sebelum makan siang, Kenny Anindio dari LPMJ mengisi ice breaking, keseruan terjadi ketika perwakilan dari BPH, LPMJ, dan masing-masing biro dan departemen diharuskan ikut bermain Sang Pemahat.


Beruntung, hujan telah reda dan hari menjadi cerah. Pukul 13.25 outbound dimulai, kelompok MTC yang telah dibuat, berisi biro dan departemen yang digabung dengan BPH dan anggota LPMJ. Outbound dalam MTC pertama ini terdiri dari tujuh pos dngan tujuh games yang berbeda. Pos-pos tersebut dapat berupa single game, atau battle game antar dua kelompok. Kelompok yang berhasil memenangkan game akan mendapat reward berupa bintang yang dikumpulkan hingga outbound berakhir. Setiap kelompok diharuskan memiliki dresscode atau ciri khas yang membedakan dengan kelompok lain, juga harus membuat yel-yel yang akan ditampilkan setiap sebelum game pada masing-masing pos dimulai. Adu kekompakan. Tiga jam bermain outbound, menghasilkan lelah yang menyenangkan dari setiap individu yang mengikutinya.


Semua berkumpul di taman untuk penutupan MTC yang mengusung tema "Keberhasian Berawal dari Keharmonisan" ini. Sebelum itu, panitia pengkaderisasian me-launching program bernama Friendzone yang berupa mentoring dari senior-senior di English Department untuk pengurus BEMJ dan anggota LPMJ yang akan dilaksanakan sepanjang kepengurusan. Ada game, ada pemenang, tentu saja ada reward. Kelompok yang paling banyak mengumpulkan bintang ialah Biro Kestari, dengan 7 bintang. Dresscode/kostum terbaik dimenangkan oleh Departemen Akademik yang memakai seragam SMA. Dan yel-yel terbaik dimenangkan oleh Departmen HUKI.


Penandatanganan dan penulisan harapan untuk kinerja BEM ED juga dilakukan disini. Seluruh peserta menuliskan harapan dan menandatangi bagian belakang banner MTC. Sekitar pukul 18.00, MTC pertama berakhir dengan sukses. Terima kasih untuk Departemen Kaderisasi yang telah mengemas acara MTC ini dengan begitu baik.

Untuk kalian yang ingin melihat dokumentasi lebih lengkapnya, silahkan cek album foto di facebook BEM ED. Sampai jumpa di MTC yang kedua! :D

No comments:

Post a Comment